Nasib PPKM Ditentukan Hari Ini, Diperpanjang Lagi atau Dilonggarkan?

Nasib PPKM Ditentukan Hari Ini, Diperpanjang Lagi atau Dilonggarkan?

JAKARTA - PPKM di Jawa Bali berakhir hari ini, Senin (15/8/2021). Pemerintah dikabarkan tengah menggodok sejumlah opsi, sebelum membuat keputusan. Termasuk perkembangan terbaru, evaluasi daerah di Level 4 dan 3.

Namun melihat perkembangan kasus covid-19 di Jawa Bali, nampaknya sudah mulai melandai. Bahkan Jakarta, kini sudah bukan lagi zona merah.

Begitu juga di Jawa Barat. Hanya Kota dan Kabupaten Bekasi yang ada di zona merah. Selebihnya, kabupaten dan kota lainnya ada di zona oranye hingga kuning.

Lazimnya, keputusan PPKM ini dibacakan malam hari. Namun belum diketahui, apakah langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Mengingat dalam pengumuman perpanjangan PPKM sebelumnya, tidak lagi dilakukan oleh presiden. Melainkan langsung oleh Luhut.

Merujuk data Satgas COVID-19 pusat, pertambahan kasus infeksi virus corona pada Minggu (15/8/2021) relatif turun lebih dari 50 persen setelah puncak lonjakan.

Kemarin, penambahan kasus sejumlah 20.813. Kasus sembuh juga melewati jumlah kasus positif yakni sebanyak 30.361. Namun untuk angka kematian masih mengkhawatirkan. Tercatat 1.222 kasus meninggal kemarin.

Kabarnya, ada sejumlah opsi yang dibahas oleh Presiden Jokowi dan jajarannya dalam rapat terbatas. Presiden Jokowi akan mengambil keputusan berdasarkan berbagai hal yang dibahas di rapat itu.

Kondisi Jakarta yang bukan lagi zona merah Corona menjadi salah satu pertimbangan. Hanya, ada pertimbangan lain mengenai kota penyangga di wilayah aglomerasi Jabodetabek.

Muncul opsi agar PPKM level 4 tetap diterapkan di aglomerasi Jabodetabek tapi ada pelonggaran.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: